Pages

Thursday, September 6, 2012

MENGAPA KITA MEMPELAJARI ILMU EKONOMI



    MENGAPA KITA MEMPELAJARI ILMU



    

 EKONOMI ?






InsyaAllah saya akan membahas tentang  mengapa sih kita perlu mempelajari ilmu ekonomi .  Saya akan merangkumnya menjadi  3 alasan utama mempelajari ilmu ekonomi : mempelajari cara berfikir, memahami masyarakat, dan memahami persoalan global.

 

1. Mempelajari cara berfikir

Sepertinya mungkin alasan yang paling penting untuk mempelajari ilmu ekonomi adalah mempelajari cara berfikir, mengapa demikian ? karena cara yang bagus untuk melakukan pendekatan pada ilmu ekonomi adalah memahami 3 konsep yang mendasar [fundamental] dalam ekonomi yaitu : biaya oportunitas, marjinalisme dan pasar yang efisien.

 

Studi ilmu ekonomi mengajarkan kita cara berfikir dan membantu kita mengambil keputusan

 

2. Memahami masyarakat 

Alasan lain mempelajari ilmu ekonomi adah untuk memahami masyarakat  dengan lebih baik . mengapa demikian ? karena keputusan yang dilakukanmasa lalu dan saat ini memiliki banyak pengaruh terhadap karakter kehidupan suatu masyarakat . jika kita perhatikan baik baik kebnyakan kegiatan masyarakat pasti erat berhubungan dengan ekonomi . Di sekitar kita terlihat aktivitas seperti contohnya kegiatan diperkantoran orang – orang sibuk dengan pekerjaannya ada asam yang membumbung di pabrik-pabrik, ribuan penumpang keluar dari kereta api , bis dan mobil berseliweran dijalan truk –truk membawa barang ada juga wajah kemiskinan di kota . yang kita lihat sehari hari adalah jutaan keputusan ekonomi, orang orang memutuskan untuk membelanjakan uang untuk investasi atau membangun gedung dan pabrik , bisa juga untuk membangun jalan dan sebagainya.

 

Studi ilmu ekonomi adalah bagian terpenting dari studi tentang masyarakat

 

3. Memahami persoalan global 

Alasan ketiga mempelajari ilmu ekonomi adalah agar kita memahami persoalan global. Kalau kita sering membaca Koran dikolom utama surat kabar diisi dengan berita-berita ekonomi. Peristiwa internasional sering banyak memiliki konsekuensi ekonomi yang besar seperti fakta yang terjadi perang di Irak dan serangan di Venezuela tahun 2003 membuat psar minyak dunia mengalami gonjang-ganjing yang menyebabkan harga minyak naik  serta contoh fakta lainnya seperti penyebaran virus HIV dan AIDS yang cepat di afrika mengakibatkan konsekuensi ekonomi yang buruk bagi benua tersebut dan seluruh dunia.






<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-5561618779450247"
     crossorigin="anonymous"></script>


No comments:

Post a Comment